Jenis jenis Makanan yang Menyebabkan Alergi pada Bayi

Posted on

Sebelumnya kita sudah banyak membahas tentang alergi pada bayi, pada kesempatan kali ini akan saya bahas lebih detil lagi tentang makanan yang menyebabkan alergi pada bayi agar kita bisa dengan tepat menghindari jenis jenis makanan penyebab alergi pada bayi. Seperti di sebutkan di beberapa artikel sebelumnya, alergi bukanlah sebuah penyakit, alergi adalah reaksi imunitas tubuh yang menganggap suatu zat asing yang kontak dengan tubuh sebagai suatu zat yang berbahaya, sehingga tubuh menghasilkan histamine yang berlebih sebagai reaksi pertahanan tubuh terhadap zat asing tersebut. Jadi pada dasarnya tidak ada obat untuk mengobati alergi karena tidak ada penyakit. Obat yang tersedia saat ini seperti anti histamine bekerja untuk mengurangi gejala alergi agar alergi ini tidak sampai membahayakan nyawa penderitanya, karena pada beberapa kasus alergi yang parah, bisa menyebabkan pasien menjadi susah bernafas hingga kehilangan kesadaran.

makanan yang menyebabkan alergi pada bayi
makanan yang menyebabkan alergi pada bayi

Setelah kita tahu apa alergi tidak dapat di sembuhkan, dapat diambil kesimpulan bahwa akan sangat lebih baik menjaga agar alergi tidak sampai terjadi apa lagi pada bayi anda, untuk itu kita wajib tau apa saja jenis makanan yang menyebabkan alergi pada bayi agar kita dapat menjauhkan makanan ini dari bayi anda. Sebagian besar makanan yang bisa memicu alergi biasanya mengandung protein yang membawa jenis alergen tertentu yang apabila di konsumsi dengan jumlah yang banyak akan bisa menimbulkan reaksi gejala alergi pada bayi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan alergi pada bayi.

  1. Makanan laut atau seafood. Makanan laut seperti udang, ikan laut, kerang, kepiting dan lainnya memiliki protein tinggi yang juga umum sekali bisa menyebabkan alergi pada penderita yang memiliki riwayat alergi sebelumnya ada baiknya anda berhati hati memberikan makanan laut ini kepada bayi anda.
  2. Gandum dan tepung terigu. Di dalam gandumm dan tepung terigu terdapat protein seperti gluten yang juga bisa mmenyebabkan alergi pada bayi. Gluten sendiri banyak terdapat pada makanan dan cemilan juga produk sarapan pagi yang terbuat dari gandum seperti sereal, roti dan kueh kering dan basah yang terbuat dari tepung terigu. Karena banyak sekali makanan yang terbuat dari gandum dan tepung terigu tentunya anda harus lebih berhati hati dalam memilih makanan yang bebas gluten. Sebagai alternative makanan, anda bisa memilih makanan yang dibuat dari bahan baku seperti tepung kentang ataupun tepung beras.
  3. Protein dari telur juga sering menyebabkan alergi pada bayi, biasanya bagian putih telurlah yang sering menyebabkan alergi, jadi anda bisa mencoba memberikan kuning telurnya saja, tetapi jika tubuh anak anda bereaksi juga menjadi alergi karena kuning telur segera hentikan pemberian telur ini dan mengganti dengan sumber sumber protein lain seperti daging ayam atau tahu dan tempe.
  4. Kacang kacangan. Beberapa jenis kacang juga bisa menimbulkan alergi pada bayi. Banyak juga produk turunan kacang seperti selai kacang dan kueh kueh kering berbahan baku kacang. Hindari segala bentuk produk turunan kacang ini agar tidak terkonsumsi oleh anak anda.
  5. Buah dan sayuran. Pada beberapa kasus tertentu, anak juga bisa mengalami alergi terhadap sayur dan buah. Biasanya alergi terhadap buah dan sayur ini di derita oleh pengidap alergi terhadap serbuk bunga yang biasanya juga alergi terhadap kacang kacangan. Walaupun jarang sekali terjadi, anda juga wajib untuk memperhatikan reaksi yang terjadi setelah anak anda mengkonsumsi buah dan sayur.
  6. Susu sapi. Susu sapi juga merupakan sumber protein tinggi yang juga bisa memicu alergi pada bayi. Tetapi harus juga di bedakan antara alergi susu sapi dengan toleran susu sapi. Karena dua hal ini berbeda. Alergi susu sapi di sebabkan oleh reaksi imunitas tubuh, sedangkan toleran susu sapi karena pencernaan bayi yangb tidak dapat mencerna protein pada susu sapi yang pada akhirnya akan mengganggu saluran pencernaan bayi. Gejala alergi biasanya akan cepat ekali terlihat pada kulit bayi sedangkan gejala toleran biasanya akan di rasaan beberapa hari kemudian.  Jika bayi alergi terhadap susu sapi ataupun toleran terhadap susu sapi, anda bisa mencoba menggantikannya dengan produk susu kedelai.

Gejala gejala umum dari makanan yang menyebabkan alergi pada bayi hampir sama sepeti gejala alergi yang lain, pada awal terjadinya alergi biasanya dapat terlihat pada kulit tubuh bayi, ruam merah yang gatal biasanya timbul yang kemudian akan menjadi bengkak dan mulai menimbulkan rasa sakit. Jika di konsumsi oleh bayi secara langsung biasanya di area sekitar mulut bayi akan membengkak dan memerah. Perut bayi biasanya akan kembung dan bayi akan mulai merasakan mual dan muntah karena gangguan pencernaannya. Pada beberapa kasus yang berat, bayi bisa mengalami kesulitan bernafas hingga pingsan atau hilang kesadarannya.

Alergi biasanya tidak semena mena terjadi, biasanya setelah beberapa kali terpapar dengan zat pemicu alergi yang cukup banyak hingga tubuh bayi bereaksi dengan antibody yang berupa produksi histain yang berlebihan untuk memerangi zat pemicu alergi tersebut. Jadi jika anda bisa menjauhkan penyebab alergi ini dari bayi anda, maka bayi anda tidak akan pernah terkena alergi hingga nanti imunitas tubuh nya menjadi lebih baik pada saat bayi menjadi semakin besar. Informasi lebih detil bisa juga and abaca pada artikel Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak dan artikel Alergi pada Bayi dan Pengobatannya.

Jika bayi anda masih hanya mengkonsumsi ASI sebagai makanan eksklusif, maka ibu menyusui wajib melakukan diet makanan yang bisa memicu alergi pada bayi, karena makanan makanan yang menyebabkan alergi pada bayi ini bisa terbawa oleh air susu ibu sampai di konsumsi oleh bayi ketika menyusu air susu ibu. Tetapi ibu juga wajib untuk mencari makanan pengganti tersebut agar ibu tetap bisa memenuhi nutrisi dan gizi yang di butuhkan oleh ibu dan bayinya.

 

Incoming search terms:

  • bayi alergi kentang
  • jenis sayuran yg bsa memicu alergi pd bayi
  • Sayuran yang memicu alergi pada bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *