Jenis Alergi pada Bayi

Posted on

Ada beberapa jenis alergi pada bayi dan gejalanya harus kita ketahui agar kita dapat mengetahui dan mencari jalan terbaik untuk menangani alergi pada bayi. Beberapa jenis alergi bisa debedakan berdasarkan pemicu nya, alergi bisa di bagi dua jenis berdasarkan pemicunya. Yang pertama adalah alergi yang dipicu dari zat yang bersentuhan dengan kulit bagian luar tubuh bayi dan alergi yang di picu oleh zat yang di makan atau tertelan oleh biayi sehingga memicu laergi pada bagian dalam tubuh bayi.

Untuk jenis alergi pada bayi yang di picu oleh zat yang bersentuhan dengan kulit bagian luar tubuh bayi bisa di bagi karena beberapa sebab

Jenis alergi pada bayi
Jenis alergi pada bayi
  1. alergi udara dingin

alergi ini biasanya terjadi ketika suhu udara turun dengan cepat, biasanya terjadi pada malam hari atau pagi hari. Gejala yang terjadi bisa berupa bercak merah yang minmbulkan rasa gatal yang jika di biarkan akan enjadi bengkak dan mulai terasa sakit. Gejala yang berbahaya jika bayi mulai mengalami sesak nafas karena alergi ini juga bisa meyerang saluran pernafasan bayi anda. Penganganan nya adalah dengan memberikan kehangatan pada tubuh bayi, berikan pakakaian hangat yang cukup untuk bayi anda dan jika bisa atur suhu ruangan anda supaya lebih hangat. Jika bayi anda tidur selimuti dengan selimmut yang bersih dan hangat

  1. pemicu alergi dari udara yang lain adalah dari debu.

Alergi yang di picu dari debu biasanya di sebabkan kulit anak atau bayi yang kering dan sensitif. Berilah anak anda air minum dan asi yang cukup agar kulitnya tidak kering, jika diperlukan berikan tambahan pelembab alami untuk anak yang kulitnya terlalu kering. Pelembab alami bisa anda buat sendiri dengan memanaskan daging kelapa hingga mengeluarkan minyak, kemudian gunakan minyak ini untuk melembabkan kulit anak anda. Cobalah dulu oleskan pada bagian kecil kulit untuk meihat reaksi alergi yang di timbulkan, jika tidak ada reaksi alergi pada kulit bisa di oleskan dengan tipis dan merata ke bagian kulit tubuh yang kering. Jauhkan anak dari debu yang isa menimbulkan alergi pada kulit dan pernafasan dengan cara menjaga kebersihan di lingkungan kita.

  1. Alergi yang di picu oleh zat kimia dan serbuk sari.

Beberapa bahan kimia bisa juga membuat alergi pada kulit bayi. Bahan kimia yang paling sering menjadi pemicu alergi pada bayi biasanya yang terdapat pada produk perawatan bayi. Beberapa contoh seperti alkohol yang terdapat pada baby cologne, alkohol yang terdapat pada tisu baby dan lain nya. Selain bisa membuat kulit bayi menjadi kering, alkohol juga bisa memicu alergi pada kulit bayi, jadi sebaiknya coba oleskan sedikit dulu pada kulit bayi dan melihat reaksi alergi apakah terjadi pada kulit bayi. Jika terjadi reaksi pada kulit bayi, segera hentikan penggunaan produk perawatan bayi tersebut. Alergi alkohol ini juga bisa memicu sesak pada pernafasan bayi ketika uap alkohol terhirup oleh bayi yang memiliki alergi terhadap alkohol. Serbuk sari dari tanaman juga bisa  menjadi pemicu alergi pada bayi.

Jenis alergi pada bayi
Jenis alergi pada bayi

Jenis alergi pada bayi yang kedua adalah alergi yang terjadi karena zat asaing tersebut masuk kedalam tubuh bayi, bisa melalui makanan yang di konsumsi oleh bayi atau juga melalui udara yang di hirup kedalam saluran pernafasan bayi.

  1. Jenis alergi pada bayi yang di sebabkan oleh makanan

Beberapa makanan bisa menyebabkan alergi pada bayi, jika bayi masih mengkonsumsi ASI eksklusif, biasanya ini terjadi karena makanan yang di makan oleh sang ibu. Makanan pemicu alergi yang di konsumsi oleh ibu lama kelamaan menjadi darah yang dip roses menjadi ASi dan pada akhirnya di konsumsi oleh bayi. Jika bayi memiliki alergi terhadap makanan yang di makan oleh ibu, maka bayi bisa terkena alergi. Gejala alergi yang di sebabkan makanan yang masuk ke saluran pencernaan biasanya  akan membuat perut bayi kembung, bayi akan mulai merasa mual dan sering muntah muntah. Gangguan pencernaan ini akan membuat bayi tidak nyaman dan menjadi rewel. Jadi ibu sebaiknya berhati hati dalam memilih makanan jika bayinya memiliki riwayat alergi karena walaupun tidak di konsumsi bayi secara langsung, makanan tersebut tetap bisa menimbulkan alergi pada bayi.

  1. Alergi obat

Beberapa jenis obat obatan juga bisa memicu alergi pada bayi. Jadi sebaiknya jika bayi anda sakit dan anda membawa bayi anda ke dokter, jangan lupa untuk menyampaikan kondisi alergi bayi anda pada dokter dan tenaga medis lainnya., supaya dokter akan lebih memperhatikan pemberian obat yang tidak menimbulkan reaksi alergi pada bayi.

  1. Alergi debu

Debu yang terhirup bayi juga bisa memicu alergi yang terjadi pada saluran pernafasan, hal ini bisa menjadi berbahaya karena alergi pada saluran pernafasan bisa membuat saluran pernafasan anak menjadi bengkak dan menyulitkan bayi untuk bernafasan, gejala lain bisa terjadi seperti bersin bersin, hidung tersumbat.

 

Baca juga artikel lain seperti kenali alergi pada bayi dengan bijak atau artikel Pahami Alergi Imunisasi pada Bayi.

Untuk mencegah terjadinya alergi pada bayi, jika anak anda memiliki riwayat alergi, segerakan untuk melakukan tes alergi di laboratorium klinik agar anda bisa segera mengetahui jenis alergi pada bayi yang mengganggu bayi anda. Jika anda mengetahui jenis allergen pemicu alergi pada bayi, maka anda akan dengan mudah menghindari zat zat pemicu agar jangan sampai terkena pada bayi anda.

 

 

Incoming search terms:

  • apakah suhu udara yang engap bisa mempengaruhi kulit bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *