Alergi Susu Sapi Pada Bayi dan Anak

Posted on

Susu formula bayi banyak di berikan kepada bayi yang tidak di berikan ASI atau sebagai tambahan ASI, tetapi beberapa kasus alergi susu sapi pada bayi dan anak terjadi setelah pemberian susu formula yang di buat dari susu sapi ini. Untuk bayi yang baru lahir hingga usia enam bulan, ASI adalah pilihan terbaik yang bisa di berikan kepada bayi, tetapi ada kalanya sang ibu tidak bisa memberikan ASI eksklusif kepada bayi nya yang bisa di sebabkan oleh karena kurang nya produksi ASI ibu atau sang ibu yang harus bekerja di luar rumah. Pada saat produksi ASI sang ibu tidak bisa mencukupi kebutuhan sang bayi, maka biasanya bayi diberikan susu formula sebagai tambahan. Tetapi susu sapi sering sekali menyebabkan alergi pada bayi.

Adapun gejala alergi susu sapi pada bayi dan anak bisa berbagai macam antara lain nafas bayi yang terdengar lebih keras dari biasanya. Hal ini terjadi biasanya disebabkan karena sesak nafas yang di sebabkan oleh alergi tersebut. Jika hal ini terjadi sebaiknya anda segera memeriksakan anak anda ke dokter karena di khawatirkan sesak ini berlanjut menjadi bertambah parah.
Gejala lain yang mnyertai sesak nafas biasanya terjadi batuk batuk karena system pernafasan yang terganggu di karenakan alergi ini.

Diare juga merupakan gejala alergi susu sapi pada bayi dan anak karena protein yang terdapat pada susu sapi mengandung laktosa yang sering kali tidak dapat di toleran oleh usus bayi. Diare bisa menjadi sangat berbahaya pada saat bayi mengalami dehidrasi karena banyak nya cairan tubuh yang terbuang karena diare ini.
Gejala yang mudah terlihat karena alergi susu sapi pada bayi dan anak adalah pada saat bayi anda sering menangis pada saat meminum produk susu sapi tersebut. Menangis adalah cara bayi berkomunikasi kepada ibu nya untuk memberitahukan tentang ketidaknyamanan sang bayi terhadap hal yang membuat bayi menjadi sakit atau tidak nyaman. Zat yang terdapat pada susu sapi yang bisa membuat bayi alergi, pada saat bersentuhan dengan mulut dan tenggorokan bayi akan membuat rasa tidak nyaman hingga sakit yang membuat bayi menangis pada saat meminum susu sapi ini.

alergi susu sapi pada bayi dan anak
alergi susu sapi pada bayi dan anak

Perut kembung pada bayi juga merupakan wujudan dari reaksi alergi didalam perut bayi sehingga mengganggu proses pencernaan di perut bayi. Jika di biarkan hal ini akn berlanjut menjadi mual dan muntah yang selanjutnya akan membuat bayi susah untuk menerima makanan masuk kedalam perutnya.
Kulit merah dan gatal adalah gejala umum yang biasa terjadi pada alergi susu sapi pada bayi dan anak di karenakan kulit bayi masih sangat sensitive dan reaksi terhadap kulit ini memang biasanya yang paling dahulu terjadi setelah bayi anda mengkonsumsi produk susu sapi penyebab alergi tersebut. Jika hal ini berlanjut biasanya bintik merah tadi akan membengkak dan meradang dan berasa sakit yang akan sangat mengganggu bayi anda.
Pada beberapa kasus alergi yang cukup kuat, mata bayi biasanya akan memerah dan berair yang di sertai rasa gatal yang sangat mengganggu, anak anda akan berusaha menggaruk mata mereka yang mana hal ini akan membuat makin parahnya alergi ini.

Eksim atopic juga sering terjadi karena alergi susu sapi pada bayi dan anak apabila alergi ini menjadi kronis dan menahun. Biasanya anak yang mengalami eksim seperti ini sangat rentan terhadap pemicu alergi lainnya seperti alergi terhadap makanan dan alergi terhadap dingin.
Faktor genetik sangat mempengaruhi mudahnya bayi terkena alergi, bayi yang memiliki anggota keluarga yang alergi terhadap susu ataupun alergi terhadap makanan lainya akan sangat mudah terkena alergi yang sama seperti anggota keluarga lain tersebut. Terutama bila orang tua bayi yang meiliki alergi ini, maka peluang bayi terkena alergi yang sama atau alergi terhadap zat lain menjadi semakin besar.
alergi susu sapi pada bayi dan anak tentu saja menjadi sebuah dilemma karena susu merupakan asupan gizi yang sangat di perlukan oleh bayi dan anak, tetapi jika ini terjadi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Yang pertama adalah anda perlu memberhentikan dahulu pemberian susu ini kepada bayi atau anak anda. Ini juga berlaku untuk produk turunan susu tersebut, seperti keju, yoghurt dan lainnya. Bagi paa ibu yang masih memberikan ASI nya maka ibu harus berhati hati dalam mengkonsumsi produk susu ini karena apa yang ibu makan bisa terbawa darah dan menjadi ASI yang akan di konsumsi oleh bayi anda. Hal ini sama saja dengan memberikan produk susu tersebut kepada bayi anda.

alergi susu sapi pada bayi dan anak
alergi susu sapi pada bayi dan anak

Jika susu formula berbahan baku susu sapi yang menyebabkan alergi pada bayi anda, maka anda bisa mencobanya dengan menggunakan produk susu formula dengan bahan baku susu kedelai. Dan jika bayi anda juga alergi terhadap kacang kedelai anda bisa mengganti nya dengan produk susu hypoallergenic yang memang di formulasikan untuk bayi dan anak yang alergi terhadap susu .

Untuk mencukupi gizi pada anak yang alergi terhadap susu, anda bisa mencoba utnuk mengganti kebutuhan gizi nya dengan menggunakan makanan nabati yang banyak mengandung vitamin D seperti brokoli dan sayur bayam. Selain itu sinar matahari juga bisa membanu anak mendapatkan vitamin D yang di hasilkan tubuh pada saat tubuh sang anak terpapar sinar matahari pagi selama sepuluh hingga lima belas menit setiap pagi nya.

Dan yang terakhir anda tidak boleh menyerah untuk mencukupi gizi anak anda yang menderita alergi terhadap produk susu ini. Anda harus kreatif dalam mencari alternative pengganti makanan untuk mencukupi gizi anak anda tersayang supaya kesehatan dan gizi anak anda menjadi lebih baik. Anda bisa membaca Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak dan Penyebab Alergi Pada Bayi ASI untuk menambah pengetahuan tentang alergi pada bayi. Kabar baik untuk anda adalah kondisi alergi pada bayi anda biasanya akan semakin menjadi baik seiring dengan pertumbuhan bayi dan bertambahnya usia anak anda. Jadi tetap semangat dan jangan pernah putus asa ya… semoga sehat selalu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *