Obat Alergi Pada Bayi 6 Bulan

Posted on

Bayi yang baru lahir memang masih sangat sensitif begitu pun dengan kulitnya. Kulit bayi memang amat sangat lembut namun bisa membekasl merah saat kita menyentuhnya dalam waktu yang lama. Bahkan bayi yng berusia 6 bulan pun juga masih sensitive kulitnya. Beberapa masalah pada kulit bayi 6 bulan seperti bintik merah bisa menyebabkan rasa gatal serta biduran yang pastinya akan sangat mengganggu pra bayi. Orang tua baru pun pasti akan paink saat bayi mereka menangis terus karena rasa gatal dan alergi pada bayi. Namun Anda tidak perlu khawator karena sudah ada beberapa obat alergi pada bayi 6 bulan yang bisa Anda coba untuk mengatasi rasa gatal pada bayi. Berikut ini beberapa obat alergi untuk bayi Anda yang berusia 6 bulan.

Obat Alergi Pada Bayi 6 Bulan
Obat Alergi Pada Bayi 6 Bulan

Obat Alergi pada Bayi 6 Bulan Alami

  1. Gunakan air hangat untuk mandi

Saat kulit bayi Anda yang sensitive mulai memerah, maka Anda bisa mencoba untuk memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat. Jangan menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Karena air yang terlalu panas dan terlalu dingin juga bisa menyebabkan kulit bayi menjadi super kering dan justru akan membuat rasa gatal menjadi lebih kuat. Jadi, saat Anda hendak memandikan bayi, maka gunakan air hangat saja.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman untuk bayi

Memberikan pakaian yang nyaman untuk bayi Anda memang bisa membantu mengurangi rasa gatal pada bayi. Pakaian dengan bahan katun adalah bahan yang direkomendasikan untuk bayi karena bahan katun ini sangat lembut dan dapat menyerap keringat bayi dengan baik. Bahan katun juga tidak akan membuat bagian kulit bayi yang gatal menjadi lebih kering atau bersisik. Pastikan pula Anda memberikan pakaian katun yang tidak ketat pada bayi Anda. Dan pastikan juga Anda tidak menggunakan karet yang ketat karena hal ini akan menyebabkan bekas pada kulit bayi. Jika Anda memberikan pakaian yang nyaman dan tidak ketat, maka Anda juga bisa mengatasi biang keringat pada bayi yang baru lahir.

  1. Jangan gunakan produk pewangi

Obat alergi pada bayi 6 bulan selanjutnya adalah jangan menggunakan produk pewangi untuk bayi. Karena itulah hindari menggunakan perlengkapan mandi bayi yang mengandung aroma. Produk bayi yang mengandung pewangi mengandung bahan kimia. Sebenarnya bahan kimia itu masih normal dan aman untuk bayi. Namun saat bayi mengalami gatal-gatal, maka bahan kimia ini justru akan membuat kulit mereka menjadi lebih kering dan tidak lembab. Untuk sementara waktu jangan gunakan sabun mandi, sampo, atau pun pewangi pakaian yang akan memicu gatal-gatal pada bayi. Karena hal ini akan menyebabkan alergi bayi semakin parah. Jika gatal pada bayi disebabkan oleh alergi karena sabun, maka langsung hentikan sabun yang memicu alergi. Biasanya hal ini juga tidak lama karena kulit mereka akan semakin kuat saat sudah besar.

  1. Potong kuku bayi

Memotong kuku bayi juga merupakan salah satu obat alergi pada bayi 6 bulan. Karena tak jarang sang bayi akan menggerakkan tangan mereka dan akan menyentuh bagian tubuh mereka yang lain secara acak. Hal ini memang tidak apa-apa karena pola perkembangan bayi memang demikian adanya. Jika bayi Anda mempunyai kuku yang panjang, maka mereka bisa menggaruk serta melukai bagian kulit yang gatal. Karena itulah sebaiknya Anda memotong kuku bayi saja untuk menghindari bagian yang gatal tidak menjadi semakin parah.

  1. Buat lingkungan yang bersih untuk bayi

Salah satu penyebab mengapa bayi Anda mengalami alergi adalah karena lingkungan di sekitar bayi tidak bersih. Karena itulah salah satu obat alergi pada bayi 6 bulan adalah dengan membuat lingkungan di sekitar bayi menjadi bersih. Begitu pula dengan pakaian bayi, tempat tidur bayi, selimut bayi, dan tempat lain yang sering terkena kontak dengan bayi. Karena itulah Anda harus bisa menyediakan lingkungan yang nyaman dan bersih bagi bayi. Cuci bersih semua perlengkapan bayi dan jemur di bawah sinar matahari. Lalu buatlah suhu yang nyaman untuk kamar bayi. Tidak kering dan tidak lembab. Mungkin bayi Anda mengalami alergi karena suhu diruangnnya yang terlalu panas maupun terlalu dingin sehingga bayi menjadi tidak nyaman.

  1. Buat bayi tidur dengan nyaman dan nyenyak

Obat alergi pada bayi 6 bulan selanjutnya adalah Anda bisa menidurkan bayi dengan nyaman dan nyenyak. Anda juga harus mengetahui mengapa bayi Anda sering menangis dan tidak bisa tidur. Mungkin bayi Anda lapar atau lingkungannya terlalu berisik. Bayi tidak bisa tidur juga merupakan pertanda dia merasa tidak nyaman dengan badannya sendiri karena sedang alergi. Jiak bayi sering menangis maka mereka akan berkeringat lebih banyak dan justru akan menyebabkan gatal menjadi lebih parah.

  1. Jangan menggosok area yang gatal

Obat alergi pada bayi 6 bulan yang terakhir adalah jangan mencoba untuk menggosok bagian bayi yang gatal. Jika Anda ingin membantu bayi mengurangi rasa gatalnya, maka jangan pernah menggosok bagian bayi yang gatal. Anda bisa mengurangi rasa gatalnya dengan menggunakan handuk atau kain. Menggsosok bagian yang gatal dengan tangan Anda justru bisa membuat rasa gatal menjadi semakin lebih tinggi. Kulit bayi yang gatal jika digaruk dengan tangan maka akan membuat bagian tersebut menjadi lebih kasar dan lebih gatal. Jangan menggunakan tisu basah pula. Gunakan kain yang lembut.

 

Demikian 7 obat alergi pada bayi 6 bulan secara alami. Semoga informasi ini bermanfaat. Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak dengan memahami Cara Mengatasi Alergi Eksim pada Bayi dengan benar.

Incoming search terms:

  • obat alergi pada bayi umur 6bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *