Jika Terjadi Alergi pada Bayi Apa Obatnya yang Paling Tepat ?

Posted on

Pada saat timbul bentol dan ruam merah pada kulit bayi yang mungkin di sebabkan oleh alergi, biasanya ibu akan segera mencari tau mengenai alergi pada bayi apa obatnya. Ini hal yang benar yang ibu lakukan , dengan informasi yang benar tentang penganganan alergi pada bayi maka bayi ibu akan dapat segera sembuh dan terhindar dari terjadinya  alergi terulang kembali.  Untuk menghindari terjadinya alergi pada bayi sebaiknya bayi anda hanya mengkonsumsi air susu ibu selama enam bulan pertama, atau mungkin sering di sebut bayi asi eksklusif.  Di dalam air susu ibu terdapat zat imunoglobin yang dapat menjaga tubuh bayi dari resiko alergi karena bayi di bawah enam bulan masih sangat rentan daya tahan tubuh nya. Selain itu juga dengan hanya mengkonsumsi air susu ibu pada enam bulan pertama, bayi akan lebih sedikit terkena resiko yang di sebabkan dari produk makanan bayi dan produk susu bayi yang mungkin mengandung beberapa jenis alergen pencetus alergi pada bayi.

alergi pada bayi apa obatnya
alergi pada bayi apa obatnya

Untuk lebih mengetahui alergi pada bayi apa obatnya, bisa dengan mudah anda cari informasinya di dunia maya, atau di artikel lain dalam blog ini.  Sampai saat ini sebenarnya belum ada obat yang bisa menyembuhkan alergi, apalagi yang menimpa pada bayi. Obat yang tersedia  seperti anti histamine hanya bisa mengurangi gejala yang di timbulkan oleh alergi tersebut, tetapi tidak sampai bisa mengobati alergi, jadi yang paling penting untuk anda lakukan adalah dengan menghindari pemicu terjadinya alergi dan juga dengan memperkuat daya tahan tubuh bayi anda agar dapat lebih kuat melawan pemicu terjadinya alergi tersebut.  Sebenarnya seiring dengan perkembangan tubuh bayi, bayi anda akan semakin kuat daya tahan tubuh nya, dan alergi ini akan semakin jarang terjadi lagi. Tapi tentu saja hal ini bisa di capai jika pertumbuhan bayi anda baik dan tidak sering terganggu aleegi pada saat bayi masih kecil.

Jika ternyata bayi anda terkena alergi pada bayi apa obatnya yang paling tepat? pada saat penggunaan obat amat sangat di perlukan, maka sebaiknya harus dengan rekomendasi dari dokter anak anda. Karena obat obatan kimia ini harus di sesuaikan dengan kondisi tubuh bayi dan berat badan bayi itu sendiri. Anda juga bia mencoba obat obatan tradisional untuk alergi pada bayi, tapi pastikan juga bahwa obat ini aman untuk bayi anda. Pilihlah obat yang benar enar aman untuk tubuh dan pencernaan bayi. Tidak banyak obat tradisional yang bisa di berikan pada bayi. Beberapa jenis obat alami seperti jelly gamat biasanya bisa mengatasi alergi pada bayi. Obat seperti ini sudah memiliki izin dari badan POM RI dan aman untuk di konsumsi oleh bayi, balita dan ibu menyusui. Untuk obat obatan lain yang belum memiliki izin yang jelas sebaiknya anda hindari.

alergi pada bayi apa obatnya
alergi pada bayi apa obatnya

anda juga bisa membaca Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak dan Bagaimana Mengatasi Alergi pada Bayi ASI untuk menambah informasi lebih lengkap tentang alergi pada bayi, pencetus alergi pada bayi, bagaimana penganganan nya, dengan tahu lebih banyak tentang alergi pada bayi, di harapkan ibu bisa siap dan tanggap apabila alergi ini terjadi, dan bisa menghindari agar alergi ini tidak sampai terjadi pada bayi anda.

Factor pemicu pada bayi yang paling mudah terjadi biasanya karena factor keturunan yang di dapat dari orang tua bayi.  Selain itu factor makanan dan dari udara juga bisa memicu terjadinya alergi pada bayi. Pengobatan yang dapat di berikan untuk alergi pada bayi sebaiknya hanya perawatan luar saja, lebih baik anda menghindari untuk memberikan obat obatan yang di konsumsi oleh bayi anda. Anda bisa menggunakan obat obatan yang di oleskan pada permukaan kulit bayi untuk mengurangi gejala gatal yang meradang pada kulit bayi agar tidak melebar ke bagian tubuh yang lain. Karena alergi tidak dapat di sembuhkan sebaiknya anda selalu menghindari terjadinya alergi dengan menjauhkan bayi dari pemicu alerginya. Mengoptimalkan pemberian air susu ibu juga bisa mengurangi resiko terjadinya alergi yang di sebabkan oleh makanan dari produk susu sapid an produk makanan bayi. Hindari juga pemakaian produk perawatan bayi yang mudah menyebabkan alergi terjadi, biasanya produk perawatan bayi yang mengandung alcohol.

Biang keringat juga bisa memici terjadinya alergi pada kulit bayi, jadi biasakan bayi untuk selalu mengenakan pakaian yang bisa menyerap keringat bayi yang berlebihan, hindari mencuci pakaian bayi dengan menggunakan pemutih pakaian yang biasanya masih melekat pada kain baju bayi anda.  Jika anda menggunakan pemutih pakaian untuk mencuci pakaian bayi, usahakan untuk membilas pakaian bayi anda beberpa kali hingga cairan pemutih ini hilang dari pakaian bayi anda.

alergi pada bayi apa obatnya
alergi pada bayi apa obatnya

Jangan terlambat untuk mengganti popok bayi karena ini juga bisa menjadi pemicu alergi pada bayi karena kotoran bayi dan air seni bayi bisa terdapat bakteri dan ammonia yang kurang baik jika berntuhan dengan kulit bayi, biasakan untuk selalu mengganti popok setelah bayi buang air besar atau air kecil, jangan menunggu popok bayi anda penuh karena fungsi popok bayi ini bukan untuk menyimpan kotoran bayi dalam waktu lama, tetapi untuk menjaga kotoran bayi anda tercecer di sembarang tempat.  Selain kotoran bayi ini tidak baik untuk kulit bayi anda, tentu saja akan membuat bayi anda merasa tidak nyaman dengan kotoran yang terlalu lama di popoknya.

Gigitan serangga juga bisa menyebabkan lergi pada bayi.  Jika di biarkan bekas gigitan serangga bisa menjadi pemicu alergi, jika anda melihat bekas gigitan serangga yang menjadi bentol merah, segera olesi dengan minyak telon, minyak kayu putih atau minyak tawon agar tidak menjadi bertambah parah, jika bayi anda sedang tidak berada di kamar, maka nyalakan obat nyamuk di dalam kamar bayi yang kosong. Biasakan untuk tidak menyalakan obat nyamuk di kamar bayi pada saat ada abyi anda sedang di dalam kamar.

Lakukan pengobatan seperti di atas saja dengan menggunakan obat obatan yang hanya di lakuakn pada tubuh bagian luar bayi, dan jika alergi ini berlanjut menjadi bertambah parah, segera bawa bayi anda ke dokter anak untuk penanganan lebih lanjut.

 

 

Incoming search terms:

  • alergi telur pada bayi
  • Obat un tu k e le r gi ku lit pa da ba yi
  • perrolongan pertama alergi obat nyamuk pada bayi
  • obt alergi pda bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *