Fakta Tentang Mengatasi Alergi pada Bayi ASI

Posted on

Setelah banyak mengetahui tentang alergi pada bayi, anda tentunya sudah banyak juga memahami tentang mengatasi alergi pada bayi asi. Seperti kita ketahui bahwa alergi di sebabkan oleh reaksi imunitas tubuh terhadap masuk nya zat yang di anggap berbahaya sehingga tubuh menghasilkan histamine sebagai pertahanan tubuh terhadap zat asing tersebut. Walaupun kadang tubuh juga bereaksi terhadap zat yang tidak berbahaya juga seperti makanan dan susu.  Terlebih lagi pada bayi yang masih sangat rentan daya tahan tubuh nya.  Sebelum usia bayi enam bulan hingga Sembilan bulan, pencernaan bayi terutama usus nya masih sangat rentan terhadap zat alergen yang masuk kedalam tubuh nya. Tetapi beruntunglah bayi yang mengkonsumsi asi karena di dalam asi mengandung immunoglobulin yang bisa mengendalikan reaksi tubuh terhadap zat asing sehingga bisa menghindarkan bayi dari reksi alergi yang berlebihan. Zat ini tentunya tidak bisa didapatkan dari produk susu sapi sehingga banyak kasus mencret pada bayi yang mengkonsumsi susu formula sebagai tambahan dari asi.

Jadi sebenarnya anda tidak perlu tahu tentang  mengatasi alergi pada bayi asi karena sebenarnya asi tersebut justru menjadi obat bagi bayi dengan masalah pencernaan. Jarang sekali terjadi bayi yang mengalami alergi terhadap asi itu sendiri.  Terdapat beberapa gejala alergi pada bayi asi yang perlu di perhatikan, antara lain muntah, mual dan diare hingga terjadinya sesak nafas. Gejala umum yang gampang di lihat adalah ruam pada kulit bayi hingga terjadi eksim. Tetapi dengan mengkonsumsi asi secara ekslusif justru akan sangat membantu proses pelapisan usus yang membantu menghalangi masuknya zat yang dapat meicu alergi pada bayi. Setelah bayi berusia Sembilan bulan imunitas tubuh bayi akan lebih sempurna melindungi bayi dari serangan alergi sehingga bayi sudah lebih aman ketika mulai pengenalan makanan pendamping asi.

mengatasi alergi pada bayi asi
mengatasi alergi pada bayi asi

Sebenarnya bayi asi tetap bisa terkena alergi yang biasanya terjadi di karenakan makanan yang di konsumsi oleh sang ibu yang pada akhirnya juga terdapat pada asi yang di konsumsi oleh sang bayi. Misalnya sang ibu mengkonsumsi produk susu sapi , kemudian menyusui anak nya. Ketika sang bayi sedang dalam kondisi yang kurang baik sangat mungkin sang bayi mengalami alergi dari hal ini. Hal ini juga berlaku untuk makanan lain yang dapat memicu alergi seperti makanan laut seperti ikan, kerang, udang, lobster dan lain nya.

Jadi kesimpulannya Asi sangatlah baik untuk bayi dan bisa mencegah terjadinya alergi karena Asi mengandung imunoglobin yang dapat mencegah terjadinya alergi pada bayi. Tetapi bayi asi masih bisa terkena alergi yang bisa di sebabkan oleh hal lain seperti dari makanan yang ibu konsumsi atau dari lingkungan di sekitar bayi.  Anjuran dari para ahli gizi dan dokter untuk mengatasi alergi pada bayi asi adalah untuk menghindari penyebab alergi itu, baik itu dari makanan yang ibu makan, ataupun dari lingkungan sekitar bayi.

Di karenakan asi juga bisa menjadi penyalur penyebab alergi pada bayi melalui makanan yang ibu makan, maka bagi para ibu yang memiliki bayi seneitif terhadap jenis alergi untuk melakukan diet makanan penyebab alegi pada bayi mereka. Misalkan bayi ibu memiliki alergi terhadap susu sapi, maka sang ibu sebaiknya mengganti produk susu berbasis sapi dengan produk susu lain seperti susu kedelai.  Ibu sebaiknya melakukan beberapa test diet makanan satu persatu dan melihat reaksinya terhadap bayi. Semisal ibu mencoba mengkonsumsi ikan tuna dan kemudian menyusui bayi nya, jika tidak terjadi alergi berarti ibu bisa meneruskan utnuk mengkonsumsi ikan tuna tersebut, tetapi bila terjadi reaksi terhadap tubuh bayi, maka ibu sebaiknya menghindari segala jenis makanan ini.   Beberapa jenis makanan yang biasanya juga menyebabkan alergi antara lain, susu sapi, telur , kacang tanah, dan makanan laut.  Informasi lain bisa anda dapatkan di artikel Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak yang ,ebih jauh membahas tentang alergi atau bisa juga di dalam artikel Obat Gatal Bayi 6 Bulan yang Aman dan Alami.

mengatasi alergi pada bayi asi
mengatasi alergi pada bayi asi

Dalam melakukan diet ini sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter dan atau ahli gizi, agar ibu tidak sembarangan melakukan diet yang bisa menyebabkan ibu dan bayi menjadi kekurangan gizi yang juga bisa menjadi sangat berbahaya jika sang bayi menjadi gagal tumbuh. Biasanya para ahli gizi hanya menganjurkan diet eliminasi makanan pencetus alergi saja dengan mengganti makanan lain yang memiliki gizi yang sama baiknya dengan makanan yang di eliminasi.

Kabar baiknya adalah dengan semakin tumbuh besarnya bayi anda, biasanya imun tubuh bayi akan semakin kuat sehingga tubuh bayi akan semakin kuat bertahan terhadap zat pemicu terjadinya alergi pada bayi ini.  Walaupun pada kasus tertentu beberapa bayi akan terus membawa beberpa jenis alegi hingga dewasa seperti pada kasus alergi terhadap makanan laut yang biasanya akan terus berlanjut hingga dewasa.

Menjaga kesehatan bayi anda agar terhindar dari segala macam penyakit, terutama alergi pada bayi anda sebenarnya tidaklah sulit. Dengan prinsip menghindari alergi lebih baik dari pada mengobatinya.  Karena hingga saat ini obat obatan alergi hanya berfungsi untuk mengurangi gejala alergi itu sendiri.  Pada dasarnya alergi belum bisa di obati sehingga penting bagi kita untuk selalu menghindari pemicu alergi tersebut agar bayi kita tidak terkena alergi tersebut. Ini juga berlaku kepada ibu yang masih menyusui bayinya, agar berhati hati dalam mengkonsumsi makanan penyebab alergi bayinya .  alergi termasuk sebagai gangguan yang menjadi masalah yang sangat penting dan sangat mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang bayi dan dapat menyerang hamper ke seluruh bagian tubuh bayi bahkan ke organ tubuh bagian dalam hingga ke otak yang tentu saja akan sangat membahayakan bayi anda.  Berikan lah Asi sesering mungkin karena asi sangat baik sebagai penangkal alergi terhadap bayi pada saat bayi usia dini hingga dewasa dan memiliki imunitas terhadap alergi yang lebih baik lagi.

Pada akhir kesimpulan tentang Fakta tentang mengatasi alergi pada bayi asi adalah, ASI tetap menjadi makanan terbaik untuk sang bayi.  Demi menjaga kualitas asi yang di berikan kepada bayi, maka sang ibu wajib melakukan diet makanan penyebab alergi, tetapi juga harus mencari pengganti makanan tersebut agar gizi ibu dan anak tetap terjaga dengan baik.  Jika hal ini dilakukan maka bisa di pastikan bayi anda akan tumbuh dengan baik dan memiliki gizi yang cukup dengan imunitas yang sangat terjaga hingga bayi anda beranjak dewasa.

Selamat beraktifitas bersama bayi sehat anda dan semoga anda mendapatkan hari yang menyenangkan bersama seluruh keluarga. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *