Cara Menghilangkan Alergi Secara Alami Tanpa Bantuan Medis

Posted on

Sering kita jumpai gejala-gejala alergi menyerang di saat-saat tertentu, karenanya dibutuhkan pengetahuan tentang cara menghilangkan alergi secara alami tanpa terlebih dahulu mengandalkan bantuan medis. Meski beberapa kasus alergi perlu cepat ditangani dokter yang bersangkutan. Namun, sebelum membahas ke arah yang lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana alergi bisa menyerang.

Cara Menghilangkan Alergi Secara Alami
Cara Menghilangkan Alergi Secara Alami

Sejatinya, tubuh kita ini memang memiliki serangkaian mekanisme menakjubkan yang sudah diatur sedemikian rupa oleh Sang Maha Pencipta. Fungsinya adalah untuk mengatur kesehatan setiap individu. Salah satu sistem yang mengatur kesehatan tersebut adalah sistem imun atau kekebalan tubuh. Sistem kerja imun di tubuh manusia begitu luar biasa. Jaringan tubuh kita akan mengenali dan akan bereaksi terhadap pathogen atau mikroorganisme parasit penyebab penyakit. Pada dasarnya mereka yang tidak mudah terserang alergi atau penyakit memiliki sistem imun yang bekerja dengan cepat dan dapat memproduksi antibody dalam waktu singkat. Berbeda dengan mereka yang mudah terserang alergi.

 

Bagi orang-orang tertentu dengan sistem kekebalan tubuh yang kurang baik, segala hal yang sejatinya tidak membahayakan bisa jadi membahayakan, seperti debu, serbuk sari, makanan, seafood, dan sebagainya. Gejala yang ditimbulkan karena alergi bisa berupa gatal, bengkak, bersin-bersin, batuk-batuk, hingga mengalami gangguan pernafasan. Semua itu tergantung pada fungsi organ mana yang terserang atau tertekan. Misalnya saja, suatu alergi yang menyerang kulit, akan menyebabkan ruam-ruam dan gatal; jika menyerang hidung, maka akan menyebabkan bersin-bersin berlebihan; bila menyarang paru, bisa menyebabkan batuk-batuk bahkan sesak nafas; jika menyerang pencernaan, yang terjadi adalah kembung, diare, hingga muntah-muntah; jika menyerang persendian, bisa menyebabkan sendi menjadi nyeri dan kaki, dan sebagainya.

 

Alergi dapat menyerang siapa saja, baik anak bayi maupun yang sudah berusia lanjut, baik yang memiliki bakat alergi ataupun tidak. Pada anak-anak alergi yang sering ditemukan biasanya sesak nafas akibat kacang-kacangan dan alergi kulit. Sebab biasanya alergen yang paling sering menyerang anak-anak berupa debu, bulu hewan, liur hewan, serbuk sari, dan makanan. Sementara pada orang dewasa alergi lebih variatif, mulai dari gatal-gatal hingga sesak nafas. Penyebabnya rata-rata semua sama.

 

Cara Menghilangkan Alergi Secara Alami Sesuai Jenis Alerginya

 

Alergi biasanya sulit dihindari, karena awalnya kita kerap dilanda bingung apa penyebabnya. Jika sudah terserang alergi, barulah kita menerka dan mengobatinya. Ada beberapa jenis alergi yang memang harus segera ditangani oleh dokter khusus. Namun, ada juga jenis alergi lainnya yang bisa dengan cara menghilangkan alergi secara alami tanpa bantuan medis. Nah, berikut ini adalah beberapa cara tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi hingga menghilangkan alergi:

  • Jika alergi menyerang kulit, sehingga menimbulkan ruam-ruam dan gatal, dapat menggunakan dua cara berikut:
  1. Daun sambiloto segar secukupnya, kunyit segar secukupnya, belerang sedikit saja dihaluskan terlebih dahulu hingga lembut. Setelah semuanya diracik, segera oleskan pada bagian kulit yang dirasa terkena alergi.
  2. Cara lainnya, siapkan daun ketepeng Cina segar secukupnya. Haluskan daun tersebut. Setelah halus merata segera oleskan ke area kulit yang terka alergi.
  • Jika alergi menyerang paru-paru dan menyebabkan sesak nafas, dapat diatasi dengan dua cara berikut:
  1. Rebus 30 gr daun pegagan dan 10 gr bawang putih dengan 500 cc air. Jika sudah tersisa kira-kira 250 cc, angkat segera. Kemudian, saring air rebusan dan minumlah selagi hangat dan masih beruap.
  2. Petik 10 kuntum bunga kenop dan siapkan 10 hingga 15 gr jahe. Rebus kedua bahan tersebut dengan air sebanyak 500 cc. Angkat dan saring jika air telah tersisa 250 cc. Segera minum selagi hangat dna masih beruap.
  • Jika alergi menyerang hidung, sehingga menimbulkan bersin-bersin, dapat menggunakan dua cara:
  1. Siapkan 7 lembar daun sambung nyawa dan 30 gr daun sambiloto, masing-masing ambillah yang masih segar tampaknya. Rebus keduanya dengan 500 cc air hangat hingga tersisa 200 cc kurang lebih. Kemudian, angkat dan saring airnya. Minumlah selagi hangat.
  2. Siapkan daun lidah buaya secukupnya. Kemudian, kupaslah kulit lidah buaya dan isinya dibuat jus. Setelah dijus, teteskan jus lidah buaya ke dalam hidung sebanyak 3 tetes dengan menggunakan pipet. Biasanya langsung lega dengan menggunakan cara tersebut.

Dengan rutin meminum jamu-jamuan seperti di atas, biasanya alergi dapat teratasi dengan baik. Namun, semua ini bisa dikonsumsi dengan catatan, pilihlah salah satu cara tradisionel saja. Jangan sampai meminum dua jamu tradisional tersebut secra bersamaan. Selain itu, jamu tersebut normalnya dikonsumsi 2 kali sehari. Satu hal yang perlu diperhatikan terkait dengan penyajiannya, yaitu akan lebih baik jika pada saat perebusan, menggunakan panci enamel atau periuk yang berbahan tanah lia agar tidak mempengaruhi kandungan pada tanaman obat.

Baca Juga: [Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak]

Baca Juga: [Penting Mengetahui Cara Mengobati Alergi Pada Bayi]

 

Sudah Tahu Cara Menghilangkan Alergi Secara Alami? Begini Cara Mencegahnya!

Alergi biasanya memang sedikit sulit dihilangkan. Bisa saja hilang, namun tidak sembuh sepenuhnya. Dikarenakan memang sudah tertanam dalam sistem imun kita. Karenanya, selain mengerti cara menghilangkan alergi secara alami untuk mengatasi tubuh Anda yang terlanjur terkena alergi, Anda harus melakukan pencegahan. Berikut ini kami berikan tip pencegahan dan menghindari alergi:

  1. Jaga selalu kesehatan tubuh dengan banyak meminum air putih dan mengkonsumsi sayur, seta buah-buahan. Nutrisi pada buah-buahan dan sayuran dapat membuat sistem kekebalan tuuh bekerja secara cepat dan maksimal.
  2. Jaga selalu lingkungan Anda agar tetap selalu bersih dalam kondisi apapun. Lingkungan yang kotor merupakan sarang bakteri yang tentunya mudah menyerang tubuh. Apalagi jika tubuh sedang dalam keadaan tidak prima.
  3. Pindahkan atau paling tidak rapikan dan bersihkan secara berkala sarang debu, seperti pernak-pernik kecil, hiasan dinding, buku, dan sebagainya. Hal ini guna menjaga lingkungan Anda bersih dari debu yang menumpuk terlalu lama.
  4. Jika telah diketahui alergi terhadap bulu binatang, baiknya jangan membiarkan binatang berbulu, baik berbulu tebal atau tipis, masuk ke dalam ruangan. Sebab, ini akan berbahaya bagi Anda yang rentan.
  5. Bagi Anda yang alergi terhadap sesuatu yang berbulu, hindari pemakaian baju atau sweater berbahan wool atau bulu.
  6. Jika alergi trhadap jamur, usahakan jangan sampai terdapat sedikit pun tempat lembab di sekitar Anda. Hal-hal seperti akuarium, atau tanaman-tanaman yang kiranya menyebabkan spora jamur harus nihil dari pandangan Anda.
  7. Sediakan selalu vacuum cleaner di dalam ruangan yang biasa Anda tempati untuk menghilangkan debu-debu embandel. Bila perlu, gunakan juga pembersih udara elektris untuk membersihkan jamur dan debu.
  8. Rajin-rajinlah mengganti karpet, gorden, atau keset yang menyimpan debu
  9. Jika alergi terhadap jenis makanan tertentu, hindari penyebab alergen tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *