Sampai Kapan Alergi pada Bayi Hilang?

Posted on

Bila bayi ibu terkena alergi biasanya ibu akan sibuk mencari informasi tentang alergi pada bayi, pertanyaan yang paling sering di lontarkan adalah kapan alergi pada bayi hilang. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ibu harus paham beberapa fakta tentang alergi pada bayi, bagaimana penanggulangan nya, apa saja penyebabnya yang akan kita bahas di artikel ini.

Alergi pada bayi bisa di turunkan melalui genetic, jika ada riwayat alergi dari keluarga bayi maka dari mulai bayi baru lahir ibu sudah harus merawat bayi dengan benar dan waspada terhadap pemicu alergi pada bayi. Sebaik baiknya makanan bayi adalah Air Susu Ibu atau ASI, karena di dalam ASi terdapat zat imunoglobin yang bisa membantu bayi terhindar dari reaksi alergi. Zat tersebut juga baik untuk melindungi saluran pencernaan bayi yang masih sangat rentan pada bayi yang baru lahir.

Untuk bayi yang memiliki alergi dari genetic keluarganya, anda bisa sedikit lega karena prediksi untuk kapan alergi pada bayi hilang di perkirakan akan berkurang seiring dengan umur bayi bertambah dewasa. Hal ini tentu saja harus di barengi dengan perkembangan bayi yang baik dan sehat.  Hal ini bisa di capai dengan selalu mencoba menghindarkan bayi dari alergi itu sendiri

Kapan Alergi pada Bayi Hilang
Kapan Alergi pada Bayi Hilang

Jika bayi anda di berikan Air Susu Ibu sebagai makanan eksklusif pada bayi hingga usia 6 bulan, maka kemungkinan bayi terkena alergi akan semakin kecil. Namun hal ini bukan berarti bayi terbebas dari bahaya alergi. Alergi bisa menyerang bayi melalui beberapa hal lain.

Selain melalui makanan yang langsung di makan oleh bayi, bisa juga melalui makanan yang di makan oleh ibu yang terbawa menjadi ASI pada saat bayi menyusu kepada ibu nya. Untuk itu sang ibu wajib berhati hati juga dengan makanan yang dapat mengakibatkan alergi pada bayinya dan jika ibu melakukan diet makanan penyebab alergi pada bayi nya maka ibu wajib mencari pengganti makanan yang bisa menggantikan gizi yang di butuhkan untuk sang ibu dan bayi nya.

Udara juga bisa menjadi faktor pemicu alergi pada bayi. Yang paling sering terjadi adalah alergi pada udara dingin dan alergi pada debu yang terbawa oleh udara. Alergi yang di sebabkan udara dingin biasanya terjadi pada saat malam dan pagi hari dan biasanya akan berkurang pada saat siang hari. Kulit bayi bereaksi menjadi bentol kemerahan yang biasanya terasa gatal, gejala lain seperti sesak nafas dapat terjadi bila alergi ini menyerang ssaluran pernafasan bayi yang biasanya membuat saluran pernafasan pada bayi menjadi bengkak dan sulit bernafas.  Debu juga memiliki efek yang sama terhadap bayi yang kulitnya sensitif terhadap debu. Maka anda wajib untuk menjaga kebersihan sekitar lingkungan bayi termasuk tempat tidur dan lemari pakaian bayi agar bayi terhindar dari debu yang bisa menyebabkan alergi pada tubuhnya.

Kapan Alergi pada Bayi Hilang
Kapan Alergi pada Bayi Hilang

Faktor lain selain makanan adalah bahan kimia yang bisa bereaksi pada kulit bayi yang sensitif terhadap bahan kimia. Biasanya bahan kimia yang paling mudah tersentuh bayi adalah dari produk perawatan bayi itu sendiri. Ibu biasanya ingin bayi nya harum dengan memberikan produk colgne bayi kepada bayi nya. Sebaiknya anda mencoba mengusapkan sedikit dahulu pada bagian kulit bayi sebelum mencoba menggunakan produk cologne ini secara merata. Jika terjadi efek alergi pada bagian yang di olesi cologne, segera hentikan penggunaan produk cologne ini kepada bayi anda. Produk cologne bayi ini biasanya menggunakan bahan baku alkohol yang membuat kulit bayi menjadi kering dan mudah terkena alergi.  Produk lain yang menggunakan alkohol juga sebaiknya bisa di hindari seperti tissue basah, gunakan hanya seperlunya saja.

Jadi kapan alergi pada bayi hilang? Jika bayi mulai berusia dua hingga tiga tahun, maka biasanya terjadinya alergi ini akan lebih jarang terjadi seiring dengan semakin membaiknya imunitas tubuh anak untuk melawan jenis jenis zat pemicu terjadinya alergi. Pada beberapa anak alergi ini akan benar benar hilang, tetapi pada sebagian anak yang lain mungkin beberapa jenis zat pemicu alergi akan terus dibawa hingga anak dewasa.

Beberapa jenis alergi yang akan terus dibawa hingga anak dewasa biasanya adalah alergi yang di dapat dari makanan. Seperti makanan dari laut, ikan dan udang sangat lah mudah menyebabkan alergi bila anak anda masih membawa alergi ini hingga dewasa.  Anak anda sebaiknya jangan di berikan makanan jenis ini untuk menghindari terjadinya alergi.

 

Pemberian obat alergi pada bayi sebenarnya tidak di anjurkan, hal terbaik yang bisa di lakukan adalah dengan menghindari pemicu terjadinya alergi ini sebisa yang anda bisa. Pemberian obat alergi kepada bayi hanya boleh di berikan kepada bayi dengan rekomendasi dokter saja.  Obat alergi yang ada saat ini hanya bertujuan untuk meredakan atau menekan reaksi alergi, dan bukan untuk mengobati alergi itu.

Jadi anda sudah tahu kapan alergi pada bayi hilang, tetapi anda harus menjaga anak agar terhindar dari alergi ini sebisa mungkin. Semakin jarang anak anda terhindar dari alergi maka akan semakin besar kemungkinan alergi ini akan hilang pada saat anak anda menjadi lebih dewasa. Tetapi jika alergi ini sering terjadi pada saat bayi anda masih di bawah dua tahun, biasanya alergi ini akn lebih susah meninggalkan tubuh anak anda dan akan terbawa hingga anak anda dewasa.

Cari tau lebih banyak tentang alergi pada bayi dengan mendapatkan informasi labih banyak seperti Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak dan juga Bagaimana Menangani Gangguan Alergi pada Bayi. Dengan informasi yang cukup anda bisa melindungi bayi anda dengan lebih baik agar terhindar dari terjadinya alergi terulang kembali.  Lakukan hal terbaik untuk bayi anda karena semakin baiknya tumbuh kembang bayi anda di usia dini akan sangat mempengaruhi imunitas dan tumbuh kembang anak anda setelah dewasa. Sebagai orang tua tentunya anda ingin anak anda tumbuh dengan baik tanpa kekurangan sesuatu hal yang bisa mengganggu kesehatan nya di masa depan.

Salam sehat selalu…

 

Incoming search terms:

  • usia berapa bulan alergi pernafasan pada bayi akaln berkurang
  • apakah alergi telur pada bayi lama hilang
  • berapa lama alergi pada bayi akan hilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *