Penyebab dan Obat Alergi Kulit Pada Bayi

Posted on

Penyebab dan Obat Alergi Kulit Pada Bayi

Obat alergi pada bayi
Obat alergi pada bayi

 

Ada banyak penyakit yang dapat menyerang bayi. Salah satunya adalah alergi. Walaupun alergi pada orang dewasa dapat mudah ditangani dengan memeriksakan diri ke dokter dan menghindari penyebab alergi, alergi yang terjadi pada bayi dapat menyebabkan sesuai yang fatal. Hal ini karena saat bayi, alergi tidak secara langsung terjadi pada bayi. Sehingga, begitu terjadi alergi, penyebab alergi yang muncul harus benar-benar ditelusuri oleh orang tua agar dapat mencegah timbulnya alergi lagi di masa yang akan datang. Alergi dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh. Ada alergi yang menyebabkan anak pilek, gatal, sampai muntah. Alergi yang paling sering diderita bayi adalah alergi pada kulit yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Obat alergi kulit pada bayi dapat Anda pilih sesuai dengan jenis alergi kulit yang diderita si buah hati.

Munculnya alergi sebenarnya merupakan sebuah reaksi dari sistem imun pada tubuh kita terhadap sesuatu atau zat yang dirasa asing saat masuk ke dalam tubuh kita. Proses masuknya zat asing tersebut dapat melalui suntikan, misalnya alergi pada obat, terhirup, misalnya pa mereka yang alergi serbuk bunga, tersentuh, dan tertelan. Alergi ini merupakan satu dari banyaknya masalah kesehatan yang biasa dialami oleh bayi. Hal ini karena mereka masih dalam proses adaptasi pada lingkungan sekitar sehingga tubuh mereka masih menyesuaikan diri. Ada bayi yang awalnya tidak alergi apapun kemudian seiring bertambahnya waktu menjadi alergi terhadap sesuatu. Hal ini merupakan bagian dari bentuk adaptasi tubuh terhadap lingkungan. Kita tentunya tahu bahwa tubuh tiap manusia memilki respond yang berbeda-beda terhadap lingkungan yang berbeda.

Walaupun alergi dikatakan sebagai hal yang umum dialami oleh bayi, kita tentunya ingin mengetahui penyebab dari timbulnya alergi tersebut agar gejala alergi tidak terulang lagi pada buah hati di masa yang akan datang. Hal ini karena penanganan gejala akibat alergi pada bayi akan berbeda dengan penanganan pada orang dewasa. Penanganan akan cenderung lebih sulit karena perawatan pada bayi harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Bayi juga belum dapat kita tanyai bagian mana yang sakit dan seperti apa rasanya. Hal ini membuat penanganannya menjadi semakin sulit. Nah, pada segmen berikutnya, kita akan membahas mengenai penyebab dari alergi yang kerap dialami oleh bayi.

Obat Alergi Kulit Pada Bayi & Penyebabnya

Penyebab alergi ada berbagai macam. Sebagai salah satu bentuk perlindungan tubuh secara alami, gejala alergi terjadi saat tubuh merasa ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh kita. Nah, tingkat kesensitifan tubuh satu  orang dengan orang lainnya akan berbeda-beda. Adapun penyebab alergi diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Genetika

Jika orang tua memiliki alergi terhadap suatu hal, akan sangat mungkin anak akan mengalami hal yang serupa. Hal ini karena alergi dapat diturunkan. Oleh sebab itu, Anda perlu menelusuri apakah Anda dan pasangan Anda memiliki alergi pada sesuatu. Hal ini karena hal tersebut dapat menurun pada anak Anda.

  1. Makanan

Alergi terhadap makanan tertentu merupakan kejadian alergi yang sangat umum diderita oleh banyak orang. Adapun makanan yang dapat menyebabkan alergi diantaranya adalah alergi pada makanan laut, alergi susu, dan sebagainya.

  1. Lingkungan

Faktor lingkungan juga menjadi faktor yang sangat penting. Ada banyak hal yang berada di lingkungan yang dapat menjadi penyebab alergi. Adapun beberapa diantaranya adalah debu, serbuk bunga, suhu udara, dan lain sebagainya.

  1. Obat-obatan

Selain alergi terhadap lingkungan dan makanan, ada juga alergi yang timbul terhadap obat-obatan tertentu. Alergi ini menjadi salah satu hal yang membuat kita harus berhati-hati dalam memilih obat yang akan kita minum. Hal ini karena alergi obat kadang dapat bersifat fatal pada tubuh kita.

Baca Juga: [Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak]

Baca Juga: [Alergi Pada Bayi ASI dan Cara Menanggulanginya]

Cara Mengatasi Dan Obat Untuk Mengatasi Alergi Pada Kulit

Ada banyak cara dan obat alergi kulit pada bayi yang dapat digunakan. Hal ini tergantung dari jenis ruam yang disebabkan oleh alergi tersebut serta penyebab alergi pada kulit tersebut. Untuk mengatasi alergi yang muncul pada kulit bayi, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

  1. Kenali penyebab

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengenali penyebab alergi pada bayi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa mencatat apa saja yang masuk dalam tubuh bayi menjadi sangat penting. Banyak orang tua yang rajin mencatat apa saja yang dimakan bayi, obat dan vaksin apa saja yang masuk dalam tubuh bayi lengkap dengan tanggal. Pencatatan rutin yang dilakukan setiap hari ini dapat menjadi bahan penelusuran untuk mengetahui kira-kira apa yang menjadi penyebab anak mengalami alergi pada kulitnya. Jika sudah ditemukan, kita dapat menghindari hal tersebut masuk ke dalam tubuh buah hati lagi agar gejala alergi pada kulit bayi tidak terulang lagi.

  1. Air

Ruam atau kemerahan pada daerah lipatan tubuh biasanya sangat sering terjadi pada bayi. Hal ini karena lapisan kulit bayi belum terbentuk sempurna. Untuk mencegah hal tersebut menjadi iritasi dan luka, Anda dapat membasuh daerah lipatan tubuh tersebut dengan air kemudian keringkan dengan cara dianginkan dalam waktu singkat.

  1. Olive oil dan minyak telon

Jika gangguan kulit pada bayi yang terjadi adalah kulit menjadi bersisik dan kering, obat alergi kulit pada bayi yang dapat digunakan cukup sederhana. Cara ini dapat dikatakan sebagai cara tradisional. Caranya adalah dengan mengoles bagian kulit yang bersisik tersebut dengan olive oil atau minyak telon. Hal tersebut akan mencegah kulit terkelupas dan menjadikan kulit bayi lebih lembab.

  1. Krim pelembab kulit bayi

Ruam kerap menjadi masalah yang terjadi pada daerah yang terkena karet popok. Selain itu, kejadian eksim kulit juga dapat terjadi saat bayi alergi terhadap sesuatu. Untuk mengobati ruam dan eksim pada bayi, Anda dapat menggunakan pelembab bayi yang ada di pasaran. Hal tersebut dapat mengurangi ruam yang disebabkan oleh alergi dan mengurangi rasa gatal. Pelembab bayi biasanya juga memiliki efek dingin sehingga bayi merasa lebih nyaman.

  1. Pergi ke dokter

Jika alergi pada kulit bayi tidak kunjung membaik, melakukan konsultasi dengan dokter sangat diperlukan. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan selanjutnya. Bayi Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat jika konsultasi pada dokter yang tepat.

Nah, itu tadi penyebab dan obat alergi kulit pada bayi yang dapat Anda jadikan referensi. Seperti yang sudah kita singgung di atas, mencari penyebab utama alergi menjadi hal yang sangat penting agar kejadian alergi pada bayi tidak terulang. Catat makanan dan obat yang masuk ke dalam tubuh bayi setiap hari untuk mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan alergi pada bayi kita. Semoga artikel ini membantu Anda dalam mengatasi da mencegah alergi terutama pada bayi. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *