Penyebab Alergi Pada Bayi ASI

Posted on

Seperti telah kita ketahui bahwa bayi ASI eksklusif akan memiliki anti bodi terbaik yang bisa didapatkan dari ASI, tetapi apakah mungkin penyebab alergi pada bayi asi bisa terjadi karena ASI itu sendiri?  ASI sebenarnya  memiliki zat imunoglobin yang sangat baik untuk pertahanan bayi terhadap alergi, zat ini juga bermanfaat untuk memperbaiki proses pencernaan bayi sampai bayi tumbuh hingga usia enam sampai Sembilan bulan.  Pada usia enam hingga Sembilan bulan bayi akan meiliki imun yang lebih baik terhadap alergi.  Tetapi ini bukan berarti bayi ASI eksklusif tidak dapat terkena alergi, karena alergi bisa terjadi melalui beberapa cara yang akan kita bahas di bawah ini.

Yang pertama adalah kita harus memahami bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi yang baru lahir hingga berusia dua tahun, dan jika bayi ASI eksklusif terserang alergi kita harus tau dari mana alergi ini terjadi, apa penyebabnya, dan bagaimana menghindarinya, bukan nya menghentikan pemberian ASI pada bayi, justru ASI harus terus diberikan.  Alergi yang terjadi pada bayi ASI eksklusif yang berusia dibawah 6 bulan biasanya terjadi karena makanan yang di konsumsi oleh sang ibu, yang kemudian menjadi ASi dan di berikan kepada bayi.  Jika ini terjadi maka ibu harus mengingat apa makanan yang telah di konsumsi sebelumnya dan kemudian berusaha untuk menghindari nya. Hal ini biasa disebut dengan diet makanan penyebab alergi. Jadi perlu di ingat bahwa apa yang di makan sang ibu yang sedang menyusui akan bisa di teruskan kepada bayinya melalui ASI nya.

Penyebab alergi pada bayi ASI
Penyebab alergi pada bayi ASI

Tentu saja ibu tidak bisa menghindari makanan makanan yang bergizi karena bayi dan ibu membutuhkan gizi yang cukup dari makanan makanan ini.  Maka ibu harus cermat untuk mencari makanan pengganti yang bisa menggantikan asupan gizi dari makanan yang di tinggalkan.  MIsalnya jika sang bayi ternyata alergi terhadap produk susu ibu yang terbuat dari susu sapi, maka ibu bisa mencoba produk susu kedelai yang lebih aman laktosa. Jika bayi alergi terhadap telur , maka ibu bisa menggantinya dengan sumber protein lain keju, susu, mentega, bisa juga dari nabati seperti alpukat.  Pengganti gandum bisa anda gunakan jagung. Untuk pengganti kacang kacangan seperti kedelai, kacang tanah dan lain lain bisa di coba dengan protein hewani seperti daging sapi, daging bebek dan ayam dan sebaliknya.

Beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab alergi pada bayi asi yang di berikan melalui ASI adalah susu sapid an produk turunannya seperti keju, kacang kacangan seperti kacang tanah, kacang almond, pistachio, kacang mede, makanan dari laut seperti ikan laut, udang, kerang, lobster dan lain lain. Makanan tersebut sebenarnya juga sangat baik gizinya untuk ibu dan bayi, maka sebaiknya anda benar benar yakin akan makanan mana yang memicu alergi pada bayi dan mana yang tidak.

Untuk lebih yakin dengan makanan mana yang menjadi pemicu alergi pada bayi, sebaiknya anda melakukan test hingga dapat memastikan jenis makanan mana yang jadi pemicu alergi ini. Anda bisa melakukan serangkaian test di klinik laboratorium atau anda juga bisa melakukan test sendiri. Caranya adalah dengan melakukan diet makanan yang dicurigai menyadi pemicu alergi pada bayi selama dua minggu.  Setelah dua minggu ibu bisa mulai mengkonsumsi makanan yang di curigai menjadi penyebab alergi dengan porsi sedikit dahulu sambil melihat reaksi yang terjadi pada bayi, jika bayi tidak menunjukkan gejala alergi maka naikkan jumlah porsi makanan tersebut dan kembali awasi reaksi tubuh bayi. Jika tubuh bayi tidak bereaksi terhadapmakanan tersebut, besar kemungkinan makanan tersebut tidak menyebabkan alergi kepada tubuh bayi anda.  Tetapi sebaliknya jika tubuh bayi bereaksi terhadap makanan tersebut, akan kelihatan reaksi alergi seperti ruam merah dan gatal yang mungkin menjadi bengkak, jika bertambah parah gejala ini akan meluas ke bagian tubuh yang lain bahkan bisa menyebabkan sesak nafas yang membahayakan. Jika reaksi alergi terjadi, maka anda bisa mencatat jenis makanan pemicu alergi ini dan mulai membuat list produk turunan nya yang kemudian harus anda hindari agar jangan sampai terkonsumsi oleh ibu.

Penyebab alergi pada bayi asi juga tidak semata mata dari ASI ibu, tetapi bisa juga terjadi dari lingkungan sekitar bayi.  Penyebab alergi bisa dari factor udara seperti debu dan suhu dingin, juga bisa terjadi dari terpaparnya kulit bayi dengan bahan kimia yang biasanya di karenakan produk produk perawatan bayi seperti cologne, dan tissue bayi.  Alergi yang disebabkan oleh debu bisa menimbulkan ruam merah pada kulit yang disertai gatal dan bersin bersin hingga pilek pada bayi.  Suhu lingkungan yang terlalu dingin juga bisa memicu alergi pada bayi yang memiliki alergi terhadap dingin,  dengan gejala kulit yang meradang merah dan gatal hingga bengkak. Untuk menghindari bayi dari alergi factor udara ini anda wajib menjaga kebersihan lingkungan sekitar bayi dan juga menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat pada saat cuaca menjadi dingin. Berikan pakaian yang hangat dan bersih kepada bayi selama cuaca di sekeliling anda dingin.

penyebab alergi pada bayi asi
penyebab alergi pada bayi asi

Untuk menghindari penyebab alergi pada bayi asi yang disebabkan oleh produk produk perawatan bayi sangat sederhana sekali, anda jangan menggunakan produk tersebut kepada bayi anda.  Jika anda ingin menggunakan produk seperti cologne, sebaiknya jangan di usapkan pada kulit bayi anda, tetapi usapkan pada pakaian luarnya saja.  Produk cologne dan tissue bayi ini biasanya mengandung alcohol yang bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering. Pada saat kulit bayi menjadi kering maka rawan sekali untuk terjadinya alergi pada kulit bayi anda.  Anda bisa membaca artikel Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak untuk lebih banyak mengetahui tentang alergi pada bayi pada umumnya. Atau anda juga bisa membaca artikel Fakta Tentang Mengatasi Alergi pada Bayi ASI untuk mendapatkan panduan lengkap bagaimana melewati masa masa alergi pada bayi ini.

Alergi pada bayi bisa di hindari jika anda mengetahui apa pemicu nya sehingga anda tidak perlu melihat bayi anda tersiksa pada saat terjadinya alergi pada bayi anda.  Seperti pepatah lama yang menyebutkan ‘menjaga kesehatan itu lebih murah dari pada mengobati’ .  maka segera kenali pemicu alegi pada bayi anda dan buatlah list pemicu alergi tersebut agar bisa anda hindari di kemudian hari.

 

 

 

Incoming search terms:

  • Produk susu turunan penyebab alergi pada bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *