Mengatasi Alergi pada Bayi 3 Bulan Berdasarkan Penyebabnya

Posted on

Berikut ini akan kita bahas tentang bagaimana  mengatasi alergi pada bayi 3 bulan Berdasarkan Penyebabnya

Masa bayi merupakan masa yang harus benar-benar diperhatikan oleh orangtua dengan bijak. Pada masa ini biasaya bayi membutuhkan perhatian khusus pada anggota tubuhnya karena masih menyesuaikan keadaan lingkungan. Untuk itu, terkadang ada beberapa hal yang timbul menjadi masalah pada bayi. Dalam hal ini, Anda tidak perlu terlalu panik jika terjadi reaksi pada bayi Anda. selama reaksi tersebut tidak parah, Anda bisa menanganinya sendiri. Salah satu masalah pada bayi yang sering muncul adalah alergi. Ada beberapa jenis dan penyebab dari alergi yang harus Anda perhatikan. selain itu, mengatahui cara mengatasi alergi pada bayi 3 bulan juga sangat penting untuk Anda ketehui. Dengan demikian, ketika beberapa gejala muncul pada anak Anda maka Anda bisa langsung bertindak sesuai dengan keluhan yang ada.

mengatasi alergi pada bayi 3 bulan
mengatasi alergi pada bayi 3 bulan

Mengenali Ciri – Ciri Alergi sebagai Langkah Mengatasi Alergi pada Bayi 3 Bulan

Sebelum beranjak langsung ke proses penanganan alergi pada bayi 3 bulan, ada baiknya Anda mengenali beberapa ciri dari alergi yang biasa muncul pada bayi. Mengetahui ciri-ciri ini akan mempermudah Anda untuk lebih memahami dan memastikan apakah bayi Anda benar-benar terkena alergi. Berikut adalah beberapa ciri – ciri yang timbul jika bayi terserang alergi agar dapat mengatasi alergi pada bayi 3 bulan dengan tepat:

  • Munculnya Pembengkakan

Pada umumnya, memiliki beberapa ciri-ciri yang mudah dikenali. Salah satunya adalah terjadi pembengkakan. Pembengkakan ini biasanya muncul pada lidah, bibir, ataupun area wajah. Jika terjadi hal ini, maka Anda bisa mencurigai bahwa penyebabnya adalah alergi.

 

  • Muntah- Muntah hingga Diare

Beberapa jenis alergi juga menimbulkan muntah-muntah atau bahkan diare pada bayi. Untuk mengatasi alergi pada bayi 3 bulanini biasanya membutuhkan penanganan khusus. Pengobatan tidak hanya diberikan untuk area luar tubuh, tetapi juga untuk dalam tubuh.

 

  • Gangguan pada Kulit

Selain pembengkakan, alergi juga biasanya menimbulkan beberapa masalah pada kulit. Munculnya bulir yang menyerupai luka pada kulit ataupun gatal-gatal menjadi salah satu ciri dari adanya alergi pada kulit bayi Anda. Selain itu, alergi juga bisa mengakibatkan ruam atau kulit memerah. Untuk mengatasi alergi pada bayi 3 bulan, biasanya akan diberikan krim khusus dari rekomendasi dokter.

 

  • Gangguan Pernapasan

Beberapa bayi juga memeberikan reaksi seperti bersin-bersin atau bahkan batuk-batuk sebagai reaksi dari alergi tertentu. Dari reaksi ini biasanya akan memunculkan gejala gangguan pernapasan yang akan menyulitkan bayi terasa sangat sulit untuk bernapas. Selain asma atau gangguan pernapasan lainnya, Anda bisa mencurigai bayi Anda terserang alergi dengan ciri-ciri ini.

 

  • Hilang Kesadaran

Jika alergi yang menyerang sudah sangat parah, maka biasanya akan menimbulkan hilangnya kesadaran atau pingsan. Hal ini tentunya harus diwaspadai oleh orangtua. Segera hubungi dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari hilangnya kesadaran bayi Anda.

Baca Juga: [Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak]

Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi pada Bayi 3 Bulan

Untuk mengatasi alergi pada bayi 3 bulan dengan tepat, Anda harus mengetahui beberapa penyebanya. Dengan demikan, Anda akan lebih mudha untuk mengatasi timbulnya alergi berdasarkan penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi alergi apda bayi:

  • Alergi Debu

Penyebab pertama dari timbulnya alergi pada bayi adalah debu. Hal ini bisa terjadi karena debu membawa berjuta-juta virus dan bakteri yang akan menyerang sistem kekebalan tubuh bayi secara mudah. Jika muncul ciri-ciri alergi pada bayi yang disebabkan oleh debu, maka cara mengatasi alergi pada bayi 3 bulan dengan baik adalah dengan selalu membersihkan seluruh area rumah. Pastikan seluruh tempat yang dimana bayi berada selalu dibersihkan dari debu-debu, khususnya pada area tempat tidur. Namun, untuk membersihkannya pastikan tidak menggunakan beberapa bahan kimia yang nantinya juga akan menimbulkan alergi jenis lain pada bayi Anda. Jika menggunakan zat kimia, pastikan zat kimia tersebut ramah dengan kodisi bayi.

 

  • Alergi Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan berbulu biasanya juga memunculkan beberapa masalah, khususnya pada bayi. Ada beberapa bayi yang memang memiliki alergi pada hewan tertentu. Bagi Anda pecinta hewan peliharaan mungkin akan sangat kebingungan dengan situasi seperti ini. Untuk itu, sangat penting bagi orangtua yang memiliki hewan peliharaan berbulu di rumah untuk memeriksakan terlebih dahulu apakah bayi memiliki alergi pada hewan tertentu atau tidak. Biasanya reaksi dari alergi ini cukup lama atau tidak langsung memberikan reaksi khusus. Semakin sering bayi Anda terpapar dengan sesuatu yang menimbulkan alergi maka akan semakin besar kemunculan alergi tersebut. Dengan demikian, cara mengatasi alergi pada bayi 3 bulan yang tepat adalah untuk sementara waktu untuk memindahkan ruang hewan peliharaan Anda dengan ruang bayi Anda. Dengan demikian, bayi Anda yang memiliki kemungkinan alergi pada hewan berbulu tidak terpapar langsung dengan mereka. Selain itu, jika bayi Anda benar-benar memiliki alergi pada jenis ini maka Anda harus merelakan bahwa tidak ada hewan peliharan di rumah untuk menjaga kesehatan bayi.

 

  • Alergi Makanan

Makanan yang menjadi asupan bagi bayi bisa menjadi salah satu penyebab terjadi alergi. Ada beberapa jenis bahan makanan yang berpotensi menimbulkan alergsi, seperti kacang-kacangan. Namun, untuk usia 3 bulan biasanya bayi baru diberikan susu formula. Dari susu formula ini juga bisa mengundang alergi pada tubuh bayi. Dengan demikian, Anda harus mengganti susu formula tersebut dengan susu formula yang memiliki protein yang tidak menimbulkan alergi pada bayi. Cara ini merupakan langkah mudah untuk mengatasi alergi pada bayi 3 bulan.

 

  • Alergi Serbuk Sari Tumbuhan

Selain hewan, ternyata alergi juga dapat disebabkan oleh tumbuhan. Beberapa bayi mungkin memiliki potensi alergi pada serbuk sari tumbuhan. Sebagai langkah mengatasi alergi pada bayi 3 bulan, Anda bisa menghindari untuk membawa bayi Anda keluar rumah terlalu lama agar terhindar dari serbuk sari tumbuhan yang akan menimbulkan reaksi alergi pada tubuhnya. Pada usia ini, usahakan tidak terlalu mengekspos bayi Anda di ruang terbuka apalagi yang kemungkinan menjadi tempat dimana serbuk sari tanaman berada.

  • Alergi Musim

Cuaca juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya alergi pada bayi. Indonesia sebagai Negara tropis memiliki dua jenis musim yakni musim hujan dan musim kemarau. Pada musim hujan kemungkinan cuaca menjadi dingin. Sementara pada musim kemarau kemungkian cuaca menjadi sangat panas. Dengan keadaan 2 suhu yang berbeda ini mampu memberikan reaksi terhadap kekebalan tubuh bayi Anda. Untuk mengatasi alergi pada bayi 3 bulan biasanya dibutuhkan obat khusus. Jika bayi Anda memiliki alergi musim, sebagai pencegahan Anda bisa melindungi kulitnya agar tidak langsung terpapar panas atau terkenan suhu yang terlalu dingin. Lalu, hindari pula pemberian makanan-makanan yang terlalu dingin untuk alergi musim dingin atau makanan-makanan terlalu panas untuk alergi musim panas. Antihistamin merupakan salah satu jenis obat yang mampu mengatasi alergi musim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *