Jenis Makanan Penyebab Alergi Pada Bayi

Posted on

Setelah kita tahu bahwa makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab alergi, maka selanjutnya kita akan membahas tentang jenis makanan penyebab alergi pada bayi, gejala alergi makanan sudah bisa terjadi sejak bayi mulai mengkonsumsi makanan.  Seiring berjalan nya tumbuh kembang anak, maka sang anak akan semakin banyak mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan, sehingga resiko untuk terjadinya alergi yang disebabkan karena makanan menjadi semakin besar.  Walaupun tidak semua anak rentan terhadap makanan tetapi ada baiknya kita menjaga jumlah jenis makanan penyebab alergi yang akan di konsumsi oleh anak kita, terutama untuk bayi dan anak yang memiliki riwayat alergi yang di dapatkan melalui genetik atau turunan.

Kita sudah mengetahui bahwa alergi ini terjadi karena reaksi kekebalan tubuh atau imun tubuh yang berlebihan mengeluarkan histamin pada saat terjadi masuknya zat asing yang dianggap berbahaya oleh tubuh.  Untuk anak yang memiliki alergen turunan yang di dapt dari orang tuanya yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu, biasanya sang anak akan memiliki alergi terhadap jenis makanan yang sama seperti orang tua nya juga, apalagi jika kedua orangtua nya memiliki alergi yang sama, maka hampir di pastikan sang bayi dan anak akan memiliki jenis makanan penyebab alergi pada bayi yang sama seperti alergi yang terjadi terhadap orangtua nya. Anda bisa membaca Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak terlebih dahulu untuk informasi lebih banyak lagi.

jenis makanan penyebab alergi pada bayi
jenis makanan penyebab alergi pada bayi

Gejala alergi yang disebabkan karena makanan ini bisa beberapa macam antara lain, Perut bayi biasanya akan kembung dan tampak membesar disertai dengan sering buang air dengan feses yang cair atau mencret, tetapi biasanya tidak ada lendir dan darah.  Bisa dipastikan bayi akan merasa tidak nyaman karena gangguan organ pencernaan inisehingga bayi akan menjadi rewel.  Batuk batuk dan muntah juga biasa terjadi selain terjadinya pembengkakan pada bibir dan tenggorokan sang anak.  Gejala akan mulai menjadi berbahaya jika bayi mulai mengalami sesak nafas yang di iringi dengan mata menjadi merah dan berair.

Pada saat bayi menjadi semakin besar, makanan pendamping asi biasanya kan mulai di berikan sehingga kemungkinan pemicu alergi menjadi lebih besar.  Berikut ini beberapa jenis makanan penyebab alergi pada bayi yang mungkin harus anda waspadai pada saat pemberian makanan kepada bayi dan anak anak anda,

Yang pertama adalah susu pengganti asi,  jika bayi memiliki alergi terhadap susu sapi atau kambing, biasanya bayi akan mengalami muntah muntahdan juga diare.  Hal ini bisa diatasi dengan memberikan produk susu sapi yang sudah terhidrosida yang mungkin tidak akan membuat bayi dan anak anda tidak mengalami alergi, atau bisa juga dengan memberikan makanan yang mengandung protein kedelai untuk mencukupi gizi sang anak.

Telur juga bisa menjadi penyebab alergi dengan reaksi seperti kulit menjadi kemerahan dan gatal gatal di seluruh tubuh biasanya akan menyebar semakin luas ke seluruh bagian tubuh. Yang menyebabkan alergi biasanya adalah bagian putih telur nya. Anda bisa mencoba untuk memberikan bagian kuning telurnya saja, tetapi bila tetap terjadi gejala alergi terhadap tubuh bayi anda, sebaiknya segera di hentikan juga pemberian telur baik bagian putihnya maupun bagian kuning telurnya.

Alergi terhadap kacang kedelai juga biasa dialami oleh bayi dan anak yang mengkonsumsi susu yang mengandung kacang kedelai, terdapat juga produk produk kacang kedelai lainnya yang wajib di waspadai seperti miso, saus kedelai dan makanan lain yang mengandung minyak kedelai dan produk turunan dari kacang kedelai lainnya.

Gandung dan makanan yang mengandung gluten dan semolina. roti dan sereal yang berasal dari gandung juga bisa memicu terjadinya alergi, reaksi awalnya biasanya mengalami mual, sesak nafas dan gatal gatal. Anda bisa mencoba untuk mengganti makanan yang mengandung gandum, gluten dan semolina dengan produk yang berbasiskan beras dan jagung.

Selain kacang kedelai, kacang tanah juga umumnya menjadi pemicu terjadinya alergi. Anda harus berhati hati pada saat bebbelanja karena banyak sekali produk makanan yang menggunakan kacang tanah di dalam produk mereka, sebaiknya anda teliti dulu bahan bahan utama produk makanan yang akan anda beli dan konsumsi. Beberapa kacang lain seperti kacang almond, kacang mede, kenari dan pistachio juga sama bisa menjadi pemicu reaksi alergi yang rentan terjadi pada bayi dan anak.

Ikan laut seperti tuna dan salmon juga adalah salah satu pemicu alergi pada bayi dan anak, sebaiknya anda memberikan makanan ini setelah anak berusia diatas delapan bulanatau dua belas bulan, jenis ikan laut seperti ini sangat rentan terhadap bayi yang memiliki alergi.  Selain ikan laut, makanan laut lainya seperti kerang, udang, lobster dan kepiting bisa menyebabkan gejala gatal gatal pada kulit atau biasa disebut dengan urtikaria sampai terjadi bengkak bengkak hingga sesak nafas.  Alergi makanan dari laut ini biasanya akan bereaksi lebih cepat dari pada gejala laergi lainnya.

jenis makanan penyebab alergi pada bayi ini sebaiknya bisa anda hindari atau anda mencoba nya dengan memberikan dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Tubuh anak sebenarnya bisa mengatasi beberapa alergi seiring dengan pertumbuhan dan tambahnya usia anak anda, tetapi tentu saja ini tergantung dan berbeda pada setiap individu  masing masing anak. Dan ada juga alergi yang tidak dapat hilang dari tubuh, seperti alergi terhadap makanan laut yang biasanya akan terbawa terus hingga anak dewasa.

 

Beberapa bayi juga tidak langsung bereaksi alergi pada saat mengkonsumsi jenis makanan penyebab alergi pada bayi, bisa saja terjadi setelah bayi dan anak mengkonsumsi jenis makanan tersebut beberapa kali atau dalam jumlah yang besar. Dan tentu ada beberapa gejala alergi lain yang bisa terjadi pada bayi. Salah satu informasinya bisa anda dapatkan pada Gejala Alergi Cuaca Pada Bayi dan Bagaimana Mengatasinya.

Jika anda bisa menghindari jenis makanan yang anda ketahui bisa menyebabkan alergi pada bayi anda, maka bayi anda akan aman dari pada terjadinya alergi ini, dan apabila alergi ini terlanjur terjadi, anda sebaiknya segera membawa anak anda ke dokter anak anda untuk mendapatkan obat yang bisa di konsumsi oleh anak anda.

 

Semoga sehat selalu ya… terimakasih..!!!

 

 

 

 

 

 

Incoming search terms:

  • jenis alergi pada bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *