Apakah Alergi Pada Bayi Bisa Sembuh ?  Berikut Penjelasannya.

Posted on

Pertanyaan apakah alergi pada bayi bisa sembuh sangat sering di tanyakan, tidak hanya pada bayi bahkan juga terhadap anak anak dan orang dewasa.  Sebenarnya alergi bisa disebabkan oleh bermacam macam faktor, dan apabila penyebabnya tidak hilang , maka alergi bisa terus terjadi lagi.  Sebenarnya alergi pada bayi terjadi karena reaksi dari tubuh bayi tersebut dalam menanggapi suatu zat yang masuk kedalam tubuh bayi tersebut.  Biasanya sang tubuh bayi salah mengartikan zat yang tidak berbahaya dan dianggap berbahaya hingga timbul reaksi alergi ini. Reaksi alergi pada bayi ada beberapa macamnya, dari mulai yang ringan  seprti gatal gatal dan benjolan di kulit bayi disertai bersin bersin, hingga reaksi alergi yang parah seperti berhentinya nafas dan kerja jantung yang biasanya di sebut anafilaktik.  Pada umumnya setiap orang memiliki satu atau lebih alergi yang bisa di sebabkan oleh berbagai macam penyebab, dan untuk mengetahuinya dengan lebih pasti, biasanya dilakukan tes sendiri.

 

Sebelum menjawab pertanyaan tentang Apakah alergi pada bayi bisa sembuh ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab alergi itu sendiri. Ada beberapa penyebab umum alergi , yang pertama dari substansi udara, seperti debu, serbuk bunga, dingin dan lain lain.  Kedua dari makanan yang di makan seperti kacang, telur, susu juga obat obatan kimia.  Beberapa jenis gigitan serangga juga bisa memicu alergi.  Dan yang terakhir adalah benda atau zat yang bersentuhan langsung dengan kulit, sebagai contoh beberapa wanita yang berkulit sensitif susah menemukan produk kosmetik yang tidak menimbulkan alergi pada kulitnya.

 

apakah alergi pada bayi bisa sembuh
apakah alergi pada bayi bisa sembuh

Pada saat zat atau substansi tersebut bersentuhan dengan kulit atau masuk kedalam tubuh dan menyebabkan alergi, maka tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan histamin yang menyebabkan reaksi seperti seperti kemerahan pada kulit, gatal gatal hingga meradang. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi obat anti histamin seperti ctm, cetirizine. Jika terjadi pada bayi maka sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter anak, mereka akan memberikan dosis anti histamin yang sesuai dengan kebutuhan bayi atau anak tersebut.  Fungsi dari obat anti histamin ini adalah untuk menekan zat histamin yang di produksi oleh tubuh tersebut. Sehingga kita sampai pada kesimpulan bahwa obat anti histamin tidak menghilangkan penyebab alergi, tetapi hanya meredakan reaksi yang di timbulkan oleh histamin, jika penyebab alergi itu sendiri tidak hilang, maka alergi tersebut biasanya akan terulang kembali. Kesimpulannya alergi lebih baik di hindari penyebabnya karena belum bisa diobati dengan pasti, jika kita bisa mengetahui penyebab pasti alergi tersebut, maka kita akan lebih mudah untuk menghindari sumber alergi tersebut.

 

Selain dari zat dan substansi luar yang masuk kedalam tubuh hingga menyebabkan alergi, dalam beberapa kasus, stress dan depresi juga bisa membuat tubuh menghasilkan histammin sehingga dapat juga memicu terjadinya alergi yang lebih parah. Biasanya dengan mengkonsumsi anti histamin , masalah ini bisa di atasi untuk sementara waktu.  Anti histamin memiliki beberapa efek samping yang mungkin perlu anda ketahui, seperti , mengantuk, mulut menjadi kering dan dalam beberapa kasus bisa mengganggu pencernaan dan menyebabkan kelelahan. Anti histamin memang jenis obat yang bisa meredakan hampir semua jenis gejala alergi dan bekerja dengan cara menekan histamin yang di hasilkan oleh tubh sehingga mengurangi reaksi alergi yang terjadi pada tubuh.

 

Untuk mengetahui jenis alergi pada tubuh, biasanya bisa dengan melakukan beberapa tes alergen pada kulit. Pada saat melakukan tes alergen, kulit akan di paparkan kepada beberapa jenis alergen seperti makanan dan zat zat yang bisa menyebabkan terjadinya alergi pada tubuh pada umumnya. Jika anda ingin melakukan tes alergen ini, anda dapat berkonsultasi dahulu kepada dokter spesialis kulit yang memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap seperti di rumah sakit. Anda bisa mendapatkan informasi tentang Pentingnya melakukan cek alergi pada bayi di blog ini. Setelah anda mengetahui jenis alergen yang menjadi penyebab alergi pada bayi anda maka anda perlu menghindari alergen tersebut supaya anda bisa menghindari terjadinya alergi pada bayi anda terulang kembali.

 

Demikian ulasan tentang alergi pada bayi untuk hari ini dan untuk menjawab pertanyaan diatas tentang Apakah alergi pada bayi bisa sembuh , maka saya bisa mengambil kesimpulan bahwa alergi hanya bisa di sembuhkan dengan menghindari penyebab alergi tersebut, sedangkan obat obatan seperti anti histamin hanya bertujuan untuk meredakan gejala alergi tersebut, karena sifat anti histamin itu hanya menekan histamin yang di produksi oleh tubuh sebagai reaksi imun tubuh karena pada saat ada zat atau substansi yang masuk kedalam tubuh yang dianggap berbahaya oleh tubuh.

 

Semoga bermanfaat informasinya ya… dan untuk informasi tentang kenali alergi pada bayi dengan bijak dan artikel lainya bisa anda lakukan pencarian di search box di bagian samping blog ini.

Semoga sehat selalu…

 

 

 

 

 

 

 

Incoming search terms:

  • alergi bayi bisa sembuh
  • alergi makanan pada bayi bisa sembuh tidak?
  • apa alergi bisa hilang sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *