Gejala Alergi Cuaca Pada Bayi dan Bagaimana Mengatasinya

Posted on

Alergi cuaca pada bayi adalah salah satu jenis alergen yang susah untuk kita hindari karena alergi cuaca pada bayi ini di sebabkan oleh cuaca yang sangat tidak mungkin kita kontrol.  Alergi cuaca pada bayi lebih banyak terjadi dikarenakan oleh angin, pada saat angin berhembus kencang sering kali membawa debu dan berbagai jenis alergen udara lainnya. Usia bayi dan anak hingga remaja adalah usia yang paling rentan terkena alergi cuaca ini, tetapi jangan kuatir karena biasanya seiring dengan bertambahnya usia alergi ini biasanya akan berkurang hingga menghilang. Selain usia, beberapa gangguan kesehatan atau bebepara penyakit seperti hepatitis juga bisa menambah resiko terjadinya alergi tehadap cuaca ini, terutama alergi terhadap dingin.  Infeksi seperti radang paru paru juga bisa memicu alergi terhadap dingin.  Faktor berikutnya yang bisa menjadi penyebab alergi terhadap cuaca adalah genetika,  anak biasanya mewarisi alergen ini dari orangtuanya walaupun hal ini biasanya jarang sekali terjadi.

 

Angin yang membawa alergen seperti debu atau dingin dapat menimbulkan reaksi alergi seperti bercak merah pada tubuh yang pada awalnya timbul di beberapa bagian tubuh dan kemudian akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Tentu saja bercak ini biasanya akan menimbulkan rasa gatal.  Bercak merah yang biasa disebut Urtikaria ini banyak terjadi di bagian yang bersentuhan dengan dingin atau juga di bagian lipatan tubuh seperti ketiak dan lengan.

alergi cuaca pada bayi
alergi cuaca pada bayi

Gejala alergi cuaca pada bayi lainnya adalah terjadinya bengkak pada jaringan dalam tubuh, atau dalam istilah medis biasa di sebut Angioderma. Setelah bercak merah timbul, terjadinya Angioderma akan disertai dengan rasa bengkak pada jaringan dalam tubuh, hal ini bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang sangat berbahaya, sang anak akan merasakan pusing dan rasa terbakar dan sakit yang berlebihan.  Jika sampai terjadi penyempitan pembuluh darah yang sangat berat pada bagian kaki dan tangan anak maka hal ini akan membuat kadar oksigen yang turun dan kulit sang anak akan terasa sangat sakit dan berwarna putih dan jika anda mencoba untuk menghangatkan tubuh si anak biasanya kulit akan menjadi merah hingga biru.

Asma juga bisa menjadi salah satu gejala alergi cuaca pada bayi lainnya.  Anak yang mengalami alergi cuaca biasanya mudah sekali mengalami asma hanya karena menghirup udara yang terlalu dingin.  Asma ini menyebabkan penyempitan saluran pernafasan sehingga membuat si anak tersiksa. Selain udara dingin, udara kering dan lembab  juga bisa menyebabkan  terjadinya asma yang bisa bertambah buruk sampai disertai dengan pilek dan sakit kepala.

Gejala alergi cuaca pada bayi yang paling mudah terlihat adalah hidung berair yang biasanya di sertai dengan bersin bersin hingga hidung tersumbat. Hal ini bisa dengan sangat mudah terlihat oleh para orang tua sehingga bisa melakukan tindakan segera terhadap anak.

Jika anda tidak dapat menemukan gejala alergi cuaca pada bayi yang sedang terjadi, sebenarnya anda bisa melakukan diagnosa sendiri dengan menggunakan es batu.  Anda bisa meletakkan es batu pada kulit selama beberapa menit dan jika kulit tersebut bereaksi menjadi benjolan merah, bisa di pastikan bayi atau anak anda menderita alergi dingin. Dan cara terakhir untuk memastikan alergi cuaca pada bayi anda adalah dengan melakukan beberapa test lebih lanjut di laboratorium kesehatan, anda bisa meminta bantuan dokter anda untuk melakukan tes tes ini.

Kia anda sudah mengetahui jenis gejala alergi cuaca pada bayi ini, maka anda sekarang dapat melakukan tindakan tindakan pencegahan alergi dingin, supaya bayi anda terhindar dari alergi ini.  Yang pertama adalah dengan mengindari pemberian makanan dingin kepada anak atau orang yang mengidap alergi pada cuaca dingin karena makanan dingin dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada tenggorokan yang akan sangat berbahaya. Apabila alergi telah terjadi anda bisa segera pergi kedokter untuk mendapatkan obat yang direkomendasikan oleh dokter anda.

Jika seorang anak memiliki alergi, anda sebaiknya mencatatnya dan selalu menginformasikan kepada dokter dan ahli medis lain nya pada saat sedang melakukan pemeriksaan kesehatan lainnya, atau pada saat anak sedang sakit, terutama pada saat akan dilakukan tindakan operasi, dokter wajib untuk mengetahui hal ini.

Jika anda merasa cuaca berubah menjadi lebih dingin dan lebih berangin, maka sebelum anak anda terpapar dingin, anda haruslah memberikan pakaian hangat yang cukup untuk menghangatkan tubuh anak anda agar kulit tubuh anak anda terhindar dari penurunan suhu yang drastis. Anda juga bisa membawa suntikan adrenalin untuk mengantisipasi terjadinya reaksi anafilaksi, anda bisa mendapatkan suntukan jenis ini setelah berkonsultasi dengan dokter anda.

Seperti telah saya sampaikan juga pada beberapa artikel sebelumnya bahwa belum ada pengobatan yang dapat benar benar menyembuhkan alergi ini, biasanya pemberian antihistamin hanya untuk mengurangi gejala alergi sehingga alergi ini menjadi jarang muncul. Jika penggunaan antihistamin ini masih dirasakan kurang efektif, biasanya obat antihistamin non sedatif dengan dosis yang lebih tinggi bisa di berikan, tapi tentunya dengan anjuran dari dokter terlebih dahulu. Ada beberapa obat anti histamin non sedatif yang bisa di berikan seperti omalizumab, desloratadine, fexofenadin, cyproheptadine, doxepin dan lain lain. Untuk obat omalizumab biasanya digunakan pada penderita asma dan pada penderita alergi cuaca dingin. Cyproheptadine bekerja dengan cara menghambat reaksi saraf tubuh terhadap alergen dingin dan doxepin bekerja dengan cara mengatasi kecemasan pasien yang juga bisa menjadi pemicu alergi pada cuaca ini.

Menjaga kesehatan anak anda supaya terhindar dari alergi cuaca ini sangatlah penting, dan hal ini tidaklah sulit, anda hanya perlu memperhatikan peubahan cuaca di dekitar anda. Anda sebaiknya memahami lebih jauh lagi tentang alergi dengan membaca artikel Kenali Alergi pada Bayi dengan Bijak dan juga artikel Apakah Alergi Pada Bayi Bisa Sembuh ?  Berikut Penjelasannya. Informasi yang lebih banyak akan memudahkan anda untuk mengambil langkah langkah yang terbaik untuk buah hati anda.

terimakasih …. salam sehat selalu ….:D

 

 

 

 

Incoming search terms:

  • tanda bayi alergi cuaca dingin
  • penyebab alergu cuaca pada bayi
  • mengobati bayi alergi dingin
  • mengatasi anak yg alergi cuaca
  • mengatasi alergi dingin pada bayi
  • cara menyembuhkan alergi cuaca pada bayi
  • cara mengatasi alergi cuaca pada bayi
  • bayi alergi dingin kulit merah
  • bayi 3 bulan alergi dingin nafas mampet
  • anak alergi cuaca
  • alergi cuaca pada bayi
  • alergi cuaca dingin pada bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *